cover
Contact Name
Deni eko saputro
Contact Email
061002218@uii.ac.id
Phone
+62274-881546
Journal Mail Official
editor.jsb@uii.ac.id
Editorial Address
Management Development Centre (MDC) Faculty of Business & Economics, Universitas Islam Indonesia Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Siasat Bisnis
ISSN : 08537666     EISSN : 25287001     DOI : https://doi.org/10.20885/jsb
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Siasat Bisnis (JSB) is a peer review journal published twice a year (January and July) by Management Development Centre (MDC)-Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia. JSB) addresses the broad area of management science and its applications in industry and business. It is particularly receptive to research relevant to the practice of management within the emerging regions and its effects beyond. It covers studies on how management work is done (descriptive) and/or should be done (normative) in diverse organisational forms, either in profit or non-profit firms, private or public sector institutions, or formal or informal social networks. We welcome qualitative studies with high-quality, rigorous methods, and strong impact on the field. Topics covered include, but not strictly limited to: 1. Business and management strategy 2. Marketing management 3. Operations management 4. Computing and technology management 5. Finance and investment management 6. Innovation and knowledge-based management 7. Entrepreneurship 8. Organisational behaviour and people management 9. Corporate social responsibility 10. Islamic business and management
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 2 (2017)" : 6 Documents clear
Intensi pembelian reusable bag: Peran social marketing untuk mencapai sustainable consumption Ayu Ekasari
Jurnal Siasat Bisnis Vol 21, No 2 (2017)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol21.iss2.art2

Abstract

Sustainable Development sebagai salah satu agenda yang ingin dicapai banyak Negara di dunia termasuk Indonesia selayaknya didekati juga dari aspek konsumsi di level paling bawah, yaitu menyangkut individu sebagai pelaku langsung.Disiplin ilmu pemasaran dapat berperan melalui pemasaran social (social marketing) agar terjadi perubahan pola perilaku konsumsi yang mengarah pada tercapainya sustainable development melalui sustainable consumption. Penggunaan kembali tas yang digunakan untuk berbelanja (reusable bag) adalah salah satu praktek sustainable consumption yang kini giat dikampanyekan di Indonesia untuk mengurangi dampak berbahaya limbah tas plastik yang dibuang begitu saja. Serangkaian hipotesis diuji untuk mengetahui sejauh mana intensi konsumen untuk membeli reusable bag.Variabel-variabel utama pembentuk intensi pembelian yaitu attitude, subjectivenorm, trust, perceived knowledge dan consumer innovativeness benar mendorong konsumen membeli reusable bag. Tingkat innovativeness seseorangpun serta pengetahuan yang dimilikinya juga menghasilkan sikap positif terhadap pembelian reusable bag.Namun, tidak ada pengaruh signifikan informasi (revealed information) di kemasan reusable bag terhadap peningkatan sikap positif konsumen.Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan bagi pengambil kebijakan yang membawahi usaha eceran serta pengecer pada khususnya untuk mengedukasi konsumen tentang manfaat reusable bag melalui kampanye social marketing yang terarah.Key words: sustainable development, social marketing, sustainable consumption, reusable bag.
Moderating role of firms’ rank in ASEAN corporate governance scorecard on effect of foreign ownership on firm value Dormauli Justina; Alex Johanes Simamora
Jurnal Siasat Bisnis Vol 21, No 2 (2017)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol21.iss2.art4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peringkat perusahaan berdasarkan ASEAN corporate governance scorecard, sebagai variabel pemoderasi, atas pengaruh kepemilikan asing terhadap nilai perusahaan di ASEAN. Sample penelitian terdiri dari 491 perusahaan manufaktur yang terdaftar di pasar modal Thailand, Singapore, Philippines, Indonesia, and Malaysia tahun 2012-2013. Dengan analisis white-regression, penelitian ini menemukan bahwa peringkat 50 tertinggi ASEAN corporate governance scorecard memoderasi pengaruh kepemilikan asing terhadap nilai perusahaan. Skor tinggi ASEAN corporate governance scorecard; sebagai peningkatan hak pemegang saham, kesetaran pemegang saham, peran pemangku kepentingan, pengungkapan dan transparansi, serta tanggung jawab dewan; meningkatkan peran pemegang saham asing dalam meningkatkan nilai perusahaan. Manajemen dapat membuat kebijakan mengenai kepemilikan asing juga corporate governance yang optimal, sehingga manajemen dapat meningkatkan kesejahteraan pemegang saham melalui peningkatan nilai perusahaan. Investor yang tertarik berinvestasi di luar negeri, khususnya di ASEAN, harus memperhatikan kondisi corporate governance perusahaan, sehingga kesejahteraan investor dapat meningkat.Kata Kunci: ASEAN corporate governance scorecard, kepemilikan asing, nilai perusahaan.
The strategy of the banking industry in Indonesia: following institutional theory or resource-based view? Amin Wibowo; Rebi Fara Handika
Jurnal Siasat Bisnis Vol 21, No 2 (2017)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol21.iss2.art3

Abstract

Studi ini membahas perdebatan yang terus dialami oleh perusahaan – apakah perusahaan lebih baik menggunakan strategi yang berbeda atau strategi serupa dibandingkan dengan perusahaan lain untuk mencapai kinerja yang baik. Dengan menggunakan teori institusional dan pandangan berbasis sumberdaya sebagai kerangka kerja, penelitian ini menjawab pertanyaan dan membuktikan strategi mana yang benar-benar mempengaruhi kinerja perusahaan. Dengan menggunakan data dari industry perbankan Indonesia, hasil analisis menunjukkan bahwa menggunakan strategi yang berbeda meningkatkan kinerja perusahaan (ROA).Kata Kunci:      Teori Institutional, Resource-based View, Isomorphisma, Strategi, Kinerja Perusahaan, IndustriPerbankan, Indonesia.
Nilai orientasi alami manusia dan pengetahuan organik sebagai determinan perilaku beli pangan organik Tony Wijaya
Jurnal Siasat Bisnis Vol 21, No 2 (2017)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol21.iss2.art5

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji model perilaku beli pangan organik. Model ini mempresentasikan pengaruh dari orientasi nilai alami manusia, pengetahuan organik, sikap membeli pangan organik, norma subjektif, kontrol perilaku and niat beli terhadap perilaku beli pangan organik. Penelitian ini menggunakan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sejumlah 516 responden dari Yogyakarta, Surabaya dan Jakarta berpartisipasi dalam penelitian ini. Structural equation modeling (SEM) digunakan untuk analisis data. Pengujian model sesuai dengan data empiris. Orientasi alami manusia dan pengetahuan organik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap sikap membeli makan organik. Sikap membeli pangan organik, norma subjektif dan kontrol perilaku berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat beli makan organik. Kontrol perilaku memberikan kontribusi positif namun tidak signifikan terhadap perilaku beli pangan organik. Niat beli pangan organik berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku beli pangan organik.
Perusahaan Keluarga dan Kebijakan Dividen di Indonesia Rahmat Heru Setianto; Putri Kartika Sari
Jurnal Siasat Bisnis Vol 21, No 2 (2017)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol21.iss2.art1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan keluarga yaitu family ownership (kepemilikan keluarga), family generation (generasi keluarga), dan family member (jumlah anggota keluarga yang menjabat sebagai direksi dan komisaris) terhadap kebijakan dividen yang diukur dengan dividend payout ratio (DPR) pada perusahaan keluarga dalam industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2014.Jumlah pengamatan yang digunakan sebanyak 96 pengamatan dengan menggunakan metode purposive sampling.Hasil regresi berganda menunjukkan bahwa family ownership berpengaruh positif signifikan terhadap DPR.Semakin tinggi family ownership semakin tinggi dividen yang dibagikan oleh perusahaan.Namun, familygeneration tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap DPR.Sementara itu, family member berpengaruh positif signifikan terhadap DPR.Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak anggota keluarga yang menduduki posisi direksi dan komisaris maka semakin tinggi dividen yang dibagikan oleh perusahaan. Kata kunci: perusahaan keluarga, kebijakan dividen, dan teori keagenan
Diversifikasi korporasi dan biaya modal Katiya Nahda; Marwan Asri
Jurnal Siasat Bisnis Vol 21, No 2 (2017)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol21.iss2.art6

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh diversifikasi usaha terhadap biaya modal dikaitkan dengan korelasi arus kas antar segmen serta tingkat kendala pendanaan yang dihadapi perusahaan. Model penelitian diuji dengan menggunakan sampel dari seluruh perusahaan di luar sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014 dengan metode Feasible Generalized Least Square (FGLS). Hasil penelitian menunjukkan diversifikasi usaha berpengaruh positif terhadap biaya modal secara keseluruhan. Namun, pengujian model secara parsial menunjukkan adanya perbedaan pengaruh diversifikasi terhadap biaya utang dan biaya ekuitas. Di satu sisi diversifikasi usaha menurunkan biaya utang, dan di sisi yang lain juga dapat meningkatkan biaya ekuitas. Temuan yang lain menunjukkan bahwa semakin rendah tingkat korelasi arus kas antar segmen usaha, semakin rendah biaya modal yang ditanggung perusahaan. Tingkat kendala pendanaan juga menunjukkan pengaruh signifikan dalam memoderasi hubungan diversifikasi usaha dengan biaya modal.

Page 1 of 1 | Total Record : 6